fbpx

Pendidikan Anak Usia Dini (Fungsi – Aspek Emosi)

Menurut Tafsir (2004:79), emosi merupakan warna afektif yang menyertai setiap keadaan atau perilaku individu, yakni perasaan – perasaan tertentu yang dialami pada saat menghadapi suatu situasi tertentu, seperti gembira, putus asa, sedih, terkejut, benci, cinta dan sebagainya.

Setiap individu memiliki emosi yang tumbuh dan berkembang secara alami yang dimulai semenjak lahir berkembang hingga mencapai kedewasaan anak. Hal ini disebabkan pertambahan usia dan kematangan masing-masing individu Walaupun emosi itu ada tetapi kemunculannya disebabkan adanya stimulan, misalnya anak menangis karena lapar atau dahaga (Baradja:2005;213). Emosi ini akan berkembang sesuai dengan suasana hati atau perkembangan afektif individu.

Sebagai suatu reaksi psikologis, emosi itu memiliki ciri, antara lain : 1) lebih bersifat sebjektif dari pada peristiwa psikologis lainnya seperti pengamatan dan berfikir, 2) bersifat tidak tetap (fakultatif), 3) banyak bersangkut paut dengan peristiwa pengenalan panca indera. Spesifik emosi pada anak berbeda dengan orang dewasa, emosi pada anak berlangsung tidak lama dan berakhir dengan cepat, terlihat lebih kuat, bersifat sementara, sering terjadi, mudah diketahui dari tingkah lakunya. Sedangkan pada orang dewasa terjadi sebaliknya ( Yusuf:2004;116).

Menurut Islam dianjurkan memberikan ransangan kepada anak dengan cara membisikkan kalimat-kalimat tayyibah dan do’a-do’a serta membiasakan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari, seperti dijelaskan nabi dalam hadis, “ tali keimanan yang paling kuat ialah cinta kepada Allah dan benci karena Allah “(HR.Ath- Thabrani). Untuk itu agar emosi yang muncul berkategori positif, maka perlu diberi ransangan dengan perasaan bahagia, cinta, senang, bersemangat terhadap hal-hal yang terpuji, baik yang menyangkut dengan kehidupan maupun keyakinan terhadap agama. Dengan demikian, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi-pribadi yang disenangi dilingkungannya.

 

Penulis: Drs. H. Rasyidul Basri, M.A
Judul: Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam
Sumber Link: https://bdkpadang.kemenag.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=442:pendidikan-anak-usia-dini-dalam-perspektif-islam&catid=41:top-headlines&Itemid=158 

Author:

SDIT DAARUL ULUM JAKARTA | SDIT Daarul Ulum, sdit, sdit jakarta, sdit terbaik, sdit kemang jakarta, sdit favorit, sdit unggulan, sdit terdekat jakarta selatan

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.