fbpx

Pendidikan Anak Usia Dini (Fungsi – Aspek Biologis)

Pertumbuhan fisik, anak lahir dalam keadaan lemah, belum berdaya, perlu mendapatkan bantuan pertolongan orang dewasa di sekelilingnya, karena tubuhnya belum tumbuh secara sempurna. Demikian pula kemantapan dan kesempurnaan perkembangan potensi yang dibawa sejak lahir, baik jasmani maupun rohani memerlukan pemeliharaan dan latihan. Fisiknya akan sehat jika diberikan makanan yang bergizi dan keterampilannya akan dimiliki apabila dilatih. Begitu pula perkembangan akal dan mentalnya akan berfungsi secara baik, apabila pemeliharaan dan kematangan berfikirnya dapat diarahkan pada pengeksplorasian perkembangannya.

Sedangkan Jalaluddin (2005;64) mengemukakan, proses perkembangan fisik manusia terjadi secara periodik, yang terdiri dari periode pertumbuhan, periode pencapaian kematangan, periode usia baya dan periode penuaan. Masa pertumbuhan yaitu pada periode ini pertumbuhan anak sangat cepat, terutama pada tahun-tahun pertama. Masa ini dimulai semenjak lahir sampai akhir dewasa ( umur 0 s – d 30 tahun ). Pada usia tiga puluhan individu dianggap telah memiliki kematangan penuh, baik dari segi fisik maupun intelektual.

Periode pencapaian kematangan yaitu manusia berada di atas usia tiga puluhan dan sebelum empat puluhan. Masa ini dipredeksi kemampuan fisik dan intelektual mencapai kematangan. Sementara pada usia baya atau usia pertengahan merupakan usia yang tidak spesifik, tidak tua dan tidak juga muda yaitu antara usia empat puluhan sampai enam puluhan. Tahap ini telah melewati puncaknya dan telah mulai menurun dari segi fisik dan mental secara perlahan-lahan, namun penurun itu masih sulit dirasakan. Adapun periode penuaan yaitu seusia lanjut yang merupakan usia mendekati akhir siklus kehidupan manusia di alam ini yaitu dikala berumur 60-an sampai akhir kehidupan. Seperti yang dijelaskan Rasulullah dalam hadis : “ masa penuaan itu umur umatku adalah enam puluh hingga tujuh puluh tahun “ ( H.R, Muslim dan Nasai ).

 

Penulis: Drs. H. Rasyidul Basri, M.A
Judul: Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam
Sumber Link: https://bdkpadang.kemenag.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=442:pendidikan-anak-usia-dini-dalam-perspektif-islam&catid=41:top-headlines&Itemid=158 

Author:

SDIT DAARUL ULUM JAKARTA | SDIT Daarul Ulum, sdit, sdit jakarta, sdit terbaik, sdit kemang jakarta, sdit favorit, sdit unggulan, sdit terdekat jakarta selatan

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.