fbpx

Pendidikan Anak Usia Dini (Anak Usia Dini Dalam Pandangan Para Ilmuwan)

Menurut Suryabrata (2005;186), Aristoteles mengatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak, terbagi pada dua fase. Fase pertama, mulai anak umur 0 sampai 7 tahun, yang disebut masa anak kecil ke masa bermain. Fase kedua, anak umur 7 sampai 14 tahun, disebut masa anak, yang dikenal dengan masa belajar rendah.Sedangkan Daradjat (1995;15), mengemukakan, anak usia 3-4 tahun dikenal sebagai masa pembangkang atau masa krisis. Dari segi pendidikan justru masa itu terbuka peluang ketidak patuhan, sekaligus merupakan landasan untuk menegakkan kepatuhan. Saat itu, anak terbuka peluang kearah kesediaan menerima yang sesungguhnya. Setelah itu anak memiliki kesadaran batin. Di sinilah mulai dibutuhkan sentuhan pendidikan untuk menumbuhkan motivasi pendidikan kearah tujuan pendidikan.

Begitu pula pada UU Sisdiknas No 20 tahun 2003 pasal 1, disebutkan, bahwa anak usia dini adalah sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pada usia ini, merupakan kelompok manusia yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat unik. Mereka memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan pisik, kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spritual), sosio emosional ( sikap, prilaku dan agama), bahasa dan komunikasi yang khusus sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang sedang dilalui oleh anak tersebut (Direktorat PLS:2003;9).

Dengan demikian anak usia dini dalam pertumbuhan dan perkembangannya dapat dikategorikan dalam beberapa tahapan antara lain : masa bayi (usia sejak lahir sampai usia 12 bulan), masa todler ( balita, usia 1-3 tahun, masa prasekolah ( usia 3 sampai dengan 6 tahun ) dan masa awal pendidikan dasar ( usia 6 sampai dengan 8 tahun).

 

Penulis: Drs. H. Rasyidul Basri, M.A
Judul: Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam
Sumber Link: https://bdkpadang.kemenag.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=442:pendidikan-anak-usia-dini-dalam-perspektif-islam&catid=41:top-headlines&Itemid=158 

Author:

SDIT DAARUL ULUM JAKARTA | SDIT Daarul Ulum, sdit, sdit jakarta, sdit terbaik, sdit kemang jakarta, sdit favorit, sdit unggulan, sdit terdekat jakarta selatan

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.